Apa itu Investasi

Pengertian Investasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi adalah kegiatan Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Jadi bisa diartikan Investasi merupakan aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Istilah investasi sendiri berasal dari kata Bahasa Italia, investire yang berarti memakai atau menggunakan. Umumnya, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh badan atau pihak yang mengelola. Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak.

Dalam dunia ekonomi, pada investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Kegiatan ini juga bisa disebut dengan buy and hold, atau beli dan menyimpan. Investasi tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan. Terdapat risiko kerugian juga dalam berinvestasi. Maka dari itu, sebelum memikirkan keuntungan, sebaiknya investor terlebih dahulu mendapatkan informasi seputar resiko instrumen investasi tersebut.

Contoh Investasi

Danang membeli 2 gram emas batangan seharga Rp800.000 per gram pada tahun 2018. Emas tersebut disimpan dengan rapat di brankas pribadi miliknya. Setelah 2 tahun, harga emas per gram meningkat menjadi Rp 1.000.000 per gram. Danang lalu menjual emas yang dimilikinya dan mendapatkan keuntungan Rp 200.000 per gram. Tindakan Danang membeli emas pada tahun 2018 inilah yang disebut sebagai investasi. Dan keuntungan sebesar Rp 200.000 dari selisih harga beli tersebut disebut keuntungan atau bisa juga disebut capital gain.

Macam-macam Instrumen Investasi

Macam-macam Instrumen investasi yang populer dari kalangan investor yaitu sebagai berikut:

  • Emas
  • Properti
  • Saham
  • Reksadana
  • Obligasi
  • Cryptocurrency